Ruang makan adalah salah satu bagian penting dalam rumah kita. Ini bukan hanya tempat untuk makan, tetapi juga menjadi tempat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Oleh karena itu, penataan ruang makan yang baik sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 15 inspirasi penataan ruang makan sederhana yang dapat membantu Anda mengubah ruang makan Anda menjadi tempat yang indah dan fungsional.

Baca Juga: Inspirasi Meja Minimalis!

1. Minimalis Modern

ruang makan minimalis

Gaya minimalis modern adalah pilihan yang sempurna jika Anda menginginkan tampilan yang bersih dan rapi. Gunakan meja makan dengan desain sederhana dan kursi yang nyaman. Pilih warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam untuk menciptakan tampilan yang elegan dan sederhana. Tambahkan sedikit dekorasi seperti vas bunga atau lukisan dinding abstrak untuk sentuhan personal.

2. Ruang Makan Terbuka

Jika Anda memiliki ruang makan terbuka, manfaatkan pemandangan alam luar sebagai latar belakang. Gunakan jendela besar atau pintu geser kaca untuk menghubungkan ruang makan dengan luar ruangan. Pilih furnitur yang tahan terhadap cuaca seperti kayu tahan lama atau aluminium. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati makan malam yang menyenangkan sambil menikmati pemandangan alam.

3. Ruang Makan Kecil

Jika Anda memiliki ruang makan yang kecil, pertimbangkan untuk menggunakan meja makan bulat. Meja bulat biasanya memanfaatkan ruang lebih baik daripada meja persegi panjang dan menciptakan suasana yang lebih intim. Pilih kursi ringan atau bangku yang dapat disimpan di bawah meja ketika tidak digunakan untuk menghemat ruang.

4. Nuansa Vintage

Jika Anda menyukai sentuhan nostalgia, pilihlah dekorasi vintage untuk ruang makan Anda. Cari meja makan dan kursi vintage di toko-toko barang bekas atau pasar loak. Tambahkan karpet berpola dengan warna-warna yang klasik seperti merah marun atau biru navy. Hiasi dinding dengan foto-foto keluarga lama atau poster retro.

5. Ruang Makan Minimalis Jepang

Ruang Makan Minimalis Jepang

Gaya penataan ruang makan ala Jepang dikenal dengan kesederhanaan dan fungsionalitasnya. Gunakan meja makan rendah dengan bantal lantai sebagai kursi. Anda juga dapat menambahkan elemen-elemen Jepang seperti lampu gantung yang terbuat dari kertas atau lukisan alam Jepang. Ini menciptakan suasana yang tenang dan damai untuk makan malam. Jika Anda berada di pasar untuk clothes, platform kami adalah pilihan terbaik Anda! Pusat perbelanjaan terbesar!

6. Ruang Makan Scandinavia

Scandinavia

Gaya Scandinavia adalah pilihan yang populer untuk penataan ruang makan yang sederhana dan nyaman. Pilih furnitur kayu dengan desain minimalis dan warna netral. Tambahkan sentuhan warna dengan aksen seperti bantal, karpet, atau vas bunga. Jangan lupakan pencahayaan yang lembut dan alami untuk menciptakan atmosfer yang hangat.

7. Ruang Makan Industrial

Jika Anda menyukai tampilan yang kasar dan tidak terlalu rapi, gaya industrial mungkin cocok untuk Anda. Gunakan meja makan dari kayu atau logam dengan tampilan yang tidak terlalu diolah. Pilih kursi dengan rangka logam atau kursi yang terlihat seperti barang bekas. Hiasi dinding dengan karya seni industrial atau papan kayu palet.

8. Ruang Makan Dalam Nook

Jika Anda memiliki ruang makan dalam bentuk nook atau sudut kecil di dapur, manfaatkan ruang tersebut dengan cerdik. Gunakan bangku berbentuk L di sudut dan tambahkan meja kecil di depannya. Ini menciptakan ruang makan yang nyaman dan praktis untuk sarapan pagi atau makan ringan.

9. Ruang Makan Terang

Pencahayaan yang baik adalah kunci untuk menciptakan atmosfer yang nyaman di ruang makan Anda. Gunakan lampu gantung yang menarik di atas meja makan untuk menciptakan fokus visual. Selain itu, tambahkan lampu dinding atau lampu meja untuk memberikan pencahayaan yang merata. Pilih lampu dengan desain yang sesuai dengan gaya dekorasi Anda.

10. Ruang Makan Dengan Kursi Berwarna-warni

ruang makan

Jika Anda ingin memberikan sentuhan warna pada ruang makan Anda, pilih kursi dengan warna-warna cerah. Misalnya, Anda dapat memilih kursi kuning, biru, atau merah untuk menciptakan aksen warna yang menarik. Pastikan meja makan Anda memiliki warna yang lebih netral agar kursi menjadi fokus utama.

11. Ruang Makan dengan Wallpaper Menarik

Tambahkan karakter pada ruang makan Anda dengan wallpaper menarik. Anda dapat memilih wallpaper dengan motif bunga, pola geometris, atau bahkan mural dinding. Wallpaper ini dapat memberikan sentuhan visual yang unik dan membuat ruang makan Anda menjadi lebih menarik.

12. Ruang Makan dengan Tanaman Hias

Tanaman hias adalah cara yang bagus untuk memberikan kesegaran dan kehidupan pada ruang makan Anda. Letakkan tanaman di meja makan atau rak dinding. Pilih tanaman yang mudah dirawat seperti pohon gantung atau tanaman sukulen. Tanaman akan memberikan nuansa alami dan menyegarkan udara di dalam ruangan.

13. Ruang Makan dengan Pintu Geser Kaca

Jika Anda memiliki ruang makan terpisah, pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser kaca. Pintu ini akan memungkinkan cahaya alami masuk ke ruang makan dan menciptakan kesan ruang yang lebih besar. Selain itu, pintu geser kaca juga memberikan akses yang mudah ke taman atau teras Anda.

14. Ruang Makan dengan Rak Dinding

Rak dinding adalah cara yang bagus untuk menyimpan peralatan makan Anda dan memberikan sentuhan dekoratif pada ruang makan. Pasang rak dinding di atas meja makan atau di sampingnya.

 Anda dapat menampilkan piring, gelas, atau dekorasi lainnya di rak ini. Ini juga akan membantu Anda menghemat ruang di lemari dapur.

15. Ruang Makan dengan Sentuhan Rustik

Ruang Makan dengan Sentuhan Rustik

Gaya dekorasi rustik dapat memberikan nuansa hangat dan alami pada ruang makan Anda. Gunakan meja makan kayu yang tidak diolah dan kursi yang terbuat dari anyaman atau kulit. Tambahkan aksesori seperti lilin, lentera, atau keranjang kayu untuk menciptakan atmosfer yang berkesan.

 Kesimpulan

Ruang makan sederhana adalah tempat di mana kita berkumpul, berbagi cerita, dan menikmati hidangan bersama keluarga dan teman-teman. Dengan memilih inspirasi penataan ruang makan yang sesuai dengan gaya Anda, Anda dapat menciptakan ruang yang indah dan fungsional untuk semua kesempatan khusus. Ingatlah untuk memperhatikan detail-detail kecil seperti pencahayaan, dekorasi, dan furnitur untuk menciptakan atmosfer yang sempurna di ruang makan Anda.

Other articles

Tukang bangunan
Edi

August 7, 2023
Tukang profesional
Edi

August 7, 2023
Taman Minimalis Depan Rumah
Edi

August 7, 2023

Post a comment

Your email address will not be published.